.

Selasa, 14 Februari 2012

Pengertian Finishing Meubel

Finishing mebel adalah proses pekerjaan yang akan menentukan penampilan dan warna dari suatu produk mebel. Finishing mebel saat ini menjadi semakin penting dan dibutuhkan seiring dengan peningkatan kekuatan ekonomi dan daya beli masyarakat. Kalau jaman dulu orang memilih mebel terutama untuk diambil fungsinya maka pada saat ini penampilan suatu produk mebel sudah menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan mebel. Dengan alasan itu maka proses finishing menjadi semakin penting untuk bisa menghasilkan suatu produk mebel yang menarik sehingga banyak orang bersedia membelinya. Untuk bisa menguasai pekerjaan finishing maka seorang ahli finishing harus bisa memiliki pengetahuan tentang finishing, memiliki ketrampilan mengenai teknik-teknik finishing dan memiliki rasa seni untuk bisa menemukan keindahan pada suatu produk mebel. Buku ini dibuat dan dipersembahkan untuk membantu para pelaku di industri finishing mebel untuk lebih mudah memahami suatu finishing mebel. Bagi para pemula maka informasi yang ada di dalam buku ini akan dapat membantu mereka dalam memahami proses-proses finishing mebel, sementara bagi orang-orang yang telah lama berkecimpung dalam industri mebel, maka buku ini dapat digunakan sebagai tambahan informasi yang sangat bermanfaat dalam menjalani pekerjaan mereka.
Apakah finishing mebel itu?
Finishing mebel adalah proses proses pengerjaan terakhir pada suatu proses pembuatan mebel yang akan menentukan penampilan dari suatu produk mebel. Proses finishing itu meliputi proses pengamplasan, pengecatan, pemolesan, penggosokan, dan lain-lain yang bertujuan untuk menghasilkan suatu mebel yang memiliki penampilan yang menarik dan disukai oleh pemakainya.
Tujuan dari proses finishing
Proses finishing dilakukan untuk memberi nilai tambah pada suatu produk mebel dengan cara membuat produk mebel itu mempunyai penampilan yang menarik dan indah sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.
Fungsi dari lapisan finishing
Untuk dapat menghasilkan nilai tambah yang tinggi maka suatu lapisan finishing harus dapat memenuhi 2 fungsinya yaitu fungsi estetika dan fungsi perlindungan.



• Fungsi keindahan:
Suatu lapisan finishing harus dapat memberikan nilai keindahan sehingga produk mebel yang difinish dapat memiliki penampilan yang menarik sehingga disukai oleh banyak orang.
• Fungsi perlindungan
Suatu lapisan finishing harus dapat memberikan perlindungan terhadap substrat dibawahnya sehingga produk mebel tersebut dapat memenuhi fungsinya sebagai alat-alat dalam rumah tangga, kantor, taman atau ruangan yang lain.
Hal-hal yang harus dipertimbangkan pada saat melakukan proses finishing
Tujuan utama dari finishing mebel adalah untuk memberi nilai tambah terhadap suatu produk mebel. Karena itu pada saat kita akan melakukan proses finishing pada suatu produk mebel maka kita harus mempertimbangkan unsur-unsur yang sudah ada pada suatu produk mebel sehingga kita bisa memberikan nilai tambah yang maksimal pada produk mebel tersebut. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan pada saat kita akan memulai proses finishing adalah:
• Fungsi dari produk mebel
Suatu proses finishing harus menyesuaikan dengan fungsi produk mebel supaya bisa menghasilkan suatu lapisan finishing yang tepat sehingga produk mebel tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Material finishing yang digunakan harus dapat memberikan perlindungan yang cukup terhadap susbstrate dibawahnya sesuai dengan tuntutan kualitas yang harus dipenuhi oleh produk mebel tersebut.
• Model, design dan bentuk mebel
Suatu proses finishing harus menyesuaikan dengan bentuk, model dan design dari suatu produk mebel supaya dapat menghasilkan suatu mebel dengan penampilan yang menarik.
• Substrate dari produk mebel
Suatu lapisan finishing harus bisa cocok dengan substrate dibawahnya sehingga bisa menempel dengan baik dan memiliki ikatan yang kuat dengan substrate dibawahnya. Karena itu maka pemilihan material dan system finishing harus menyesuaikan dengan jenis dan kondisi dari substrate dibawahnya.

Seni dari finishing mebel
Adalah seni untuk menggabungkan unsur-unsur yang sudah ada pada suatu produk mebel sehingga bisa menghasilkan suatu produk mebel yang menarik sekaligus dapat memenuhi fungsinya sehingga bisa menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual yang tinggi.
Sumber : www.wisnofurniturefinishing.com

3 komentar:

  1. gi mana bos , gak membutuh kan tukang finishing , kalau pak bos bener2 membutuh kan tenaga ahli , bisa menghubungi kami . Hp : 0812-3303-5031

    BalasHapus
  2. maaf pak bos salah ketik nomor Hp . tadi yang ter kirim keliru salah pencet . ini nomor Hp kami . Hp : 0821-3302-5031

    BalasHapus
  3. sangat menarik dan bermanfaat infonya thx..kunjungi juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/cat-lantai-epoxy.html tips menggunakan epoxy lantai atau cat lantai

    BalasHapus